Tuesday, February 14, 2012

日本 - Hiragana

menyusul postingan saya yang lalu tentang huruf jepang jenis Katakana, saya ingin melanjutkannya dengan membuat postingan ini, yaitu huruf jepang jenis Hiragana.

Huruf Jepang Hiragana digunakan dalam penulisan bahasa Jepang sebagai tambahan-tambahan ekspresi, misalnya berterima kasih, meminta maaf, dan tambahan-tambahan lainnya. Berbeda dengan huruf Kanji yang setiap hurufnya mewakili suatu benda, seperti tangan, langit, air, dan lain-lain. Selain itu, huruf Kanji dapat dibilang yang paling sulit dalam penulisan bahasa Jepang karena:

  1. Beberapa Kanji memiliki bunyi yang sama, meskipun memiliki bentuk huruf dan arti yang berbeda.
  2. Huruf Kanji yang berdiri sendiri dapat berbeda bunyi jika memiliki teman Kanji di dekatnya dan keduanya memiliki arti yang menjadi satu. Contoh: 少 ("shou") = little, small; 女("onna") = woman; 少女 ("shoujo") = girl (little + woman = girl. get it?).
Itulah sekilas tentang huruf Kanji. Di sini saya tidak ingin membahas terlalu lanjut tentang huruf Kanji karena saya akan berfokus tentang Hiragana. Selain itu, sampai saat ini saya belum mengetahui banyak tentang huruf Kanji.
Berikut ini adalah daftar huruf Hiragana: 
Hiragana Words
Note:
  1. Huruf ゐ dan ゑ jarang digunakan dalam penulisan modern. Maka untuk menuliskan bunyi "wi" dan "we" secara berurut adalah うぃ dan うぇ. Bentuk seperti ini sama dengan huruf Katakana (Click here).
  2. Sama seperti huruf Katakana, dalam huruf Hiragana, huruf ち dan つ tidak dibaca "ti" dan "tu" secara berurutan tetapi lebih dibaca "chi" dan "tsu".
Seperti halnya Katakana, Hiragana juga memiliki bentuk nigori dan maru. Berikut adalah bagan Hiragana dengan ditambahkan nigori dan/atau maru:

Hiragana Words with Nigori and/or Maru
Note:
  1. Huruf ち dan つ adalah huruf khusus yang bukan dibaca "ti" dan "tu" melainkan "chi" dan "tsu". Maka huruf ぢ dan づ bukan dibaca "di" dan "du" secara berurutan, melainkan dibaca "zi" dan "zu".
Seperti yang sudah disebutkan di atas, huruf Hiragana digunakan untuk menuliskan ekspresi-ekspresi sederhana dalam Jepang. Berikut adalah beberapa contohnya:
  1. ありがとうございます ("arigatougozaimasu") = Thank you very much.
  2. ごめんなさい ("gomennasai") = I'm sorry / I apologize.
  3. けど ("kedo") = But.
  4. ども ("domo") = Thanks.
  5. どぞ ("dozo") = Please.
  6. ここは ("koko wa") = Here is.
Oh ya satu hal lagi. Huruf は normalnya dibaca "ha". Namun jika di depannya ada suatu subyek atau hal lain, huruf は berperan sebagai kata pemicu penjelasan tentang subyek tersebut. Maka huruf は dibaca "wa".

Sekian ilmu yang dapat saya bagi hari ini. Semoga berguna bagi para pembaca umumnya dan bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya.

Sekian dan terima kasih...

1 comment:

  1. Bikin post belajar bahasa korea donk Gan, ane lagi nyidam banget tuh ma pelm2 korea. Keknya greget gitu klau bisa nonton pelmnya tanpa subtitle, LoL

    ReplyDelete