Saturday, February 11, 2012

日本 - Katakana

lagi iseng ahh... mau bikin postingan tentang huruf-huruf Jepang. soalnya saya lagi tertarik dengan dunia Jepang ini, sebenarnya sih gara-gara kebanyakan nonton anime juga haha
dari buku yang saya baca dalam belajar, ada 3 macam huruf Jepang, yaitu Katakana, Hiragana, dan Kanji.
mari kita mulai dulu dengan Katakana

Katakana adalah huruf Jepang yang paling sederhana jenis huruf ini umumnya dipakai untuk menuliskan kata serapan bahasa lain ke dalam tulisan Jepang, contohnya dari bahasa Inggris.

berikut adalah huruf-huruf Katakana tersebut:
Katakana
Catatan:
  1. huruf ヰ, ヱ, dan ヲ jarang dipakai dalam penulisan sehari-hari. Biasanya untuk penulisan bunyi 'wi', 'wu', 'we', dan 'wo' secara berurutan adalah: ウィ、ウ、ウェ、ウォ. Penulisan seperti ini menggunakan huruf katakana vokal -i, -e, dan -o yang ditulis lebih kecil di sebelah huruf vokal -u.
  2. pada huruf チ dan ツ bukan dibaca 'ti' dan 'tu' secara berurutan, melainkan dibaca 'chi' dan 'tsu'.
  3. tanda ー dipakai untuk memperpanjang bunyi.
selain penulisan seperti di atas, Katakana juga bisa ditulis dengan menambahkan nigori (") untuk bunyi h-, t-, s-, dan k- serta menambahkan maru (o) pada bunyi h-. keduanya untuk mendapatkan perubahan bunyi.

Katakana dengan ditambahkan 'nigori' atau 'maru'
Catatan: 
  1. sekali lagi, 'ti' dan 'tu' adalah huruf yang khusus, jadi ketika ditambahkan nigori, mereka tidak dibaca 'di' dan 'du' secara berurutan, melainkan dibaca 'zi' dan 'zu'. meskipun pemakaian 2 katakana-nigori ini cukup jarang karena lebih banyak memakai huruf ジ dan ズ tetapi masih ada beberapa kata yang menggunakan ヂ dan ヅ.
selanjutnya, ada metode penulisan untuk huruf ganda atau sedikit ditahan, yaitu dengan menggunakan huruf 'tu' yang ditulis lebih kecil (ッ) sebelum huruf yang hendak digandakan.
contoh:
ハッピー : "happii" (happy)

sepertinya ini saja ilmu yang bisa saya bagikan di blog ini. meskipun tidak banyak, tapi semakin kita membagi ilmu, maka akan semakin banyak yang kita dapatkan.

sekian dan terima kasih...

No comments:

Post a Comment